Saturday, May 26, 2007

Pengaruh Typography terhadap Audiens

Dalam tulisan sebelumnya saya sudah mengungkapkan soal klasifikasi font serta beberapa sejarahnya. Pada tulisan kali ini akan saya jelaskan secara singkat bagaimana tipografi sebuah media mempengaruhi audiensnya. Dalam klasifikasi saya bagi menjadi beberapa klasifikasi :
  • Penggunaan Ukuran Font
  • Usia Pembaca
  • Kemampuan Membaca
  • Budaya Audiens
Masing - masing penjelasan tiap bagian sebagai berikut :
>Penggunaan Ukuran Font
Berdasarkan Tingkat Ukuran/Style Font
  • Taman Kanak - kanak ( tingkat pertama ) 24pt.bold
  • Tingkat Kedua 24pt.plain
  • Tingkat Ketiga-Keempat 18pt.plain
  • Tingkat Kelima 14pt.plain
>Usia Pembaca
Pembaca yang berumur >40 biasnaya mempunyai sedikit masalah dengan mata, teks dengan ukuran font paling kecil 14 pt lebih mudah dibacanya serta tidak memberatkan mata.Anak - anak khususnya yang baru belajar lebih mudah membaca tulisan yang lebih besar 24 pt serta di tebalkan agar mendapat kesan yang mendalam ini sengaja dilakukan agar dalam penyerapan huruf serta tulisan lebih cepat.

>Kemampuan Membaca
Kemampuan membaca mempengaruhi tipografi suatu media. Ini penting bahwa tipografi halaman tidak membedakan orang yang senang membaca atau yang tidak senang membaca. Desain suatu media tidak dibuat untuk desainer sendiri tetapi dibuat untuk menyampaikan komunikasi kepada orang lain. Perlu diperhatikan kebutuhan, kemampuan, dan Keterampilan yang dimiliki oleh audiens untuk membacanya.

>Budaya Audiens.
Perhatian juga perlu pada budaya audiens. Sebagai contoh budaya barat membaca dilakukan dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan, kemudian ke bawah. Tetapi budaya orang asia membaca dari atas ke bawah, kemudian ke halaman seberangnya. Kebiasaan membaca dari budaya berbeda-beda ini sulit diubah sehingga seorang layouter harus sangat-sangat memperhatikan hal ini.

No comments:

Dasar Excel Bagain I

Pengenalan Workbook, Worksheet, Baris,Kolom dan Cell Workbook Excel adalah program dari microsoft untuk mengentry data, menghitung, serta me...